Minggu, 01 Juli 2012

Guru SD Gahool

Dunia maya, terutama FB, emang teramat menarik buat diamati, soalnya dari FB kita bisa mengamati tingkah polah seseorang. Waktu di kantor, seperti biasa aku OL buat ngusir penat. Dan hari sabtu kemaren, aku nemuin hal yang teramat unik buat dibahas kawan..
Aku nemu foto ini di wall seorang teman:


Dari foto itu, sekilas aku sih ngrasa nggak ada yang aneh,
Eits, sebentar2 tapi kok comment di foto tadi banyak banget, kaya’nya aku perlu pake kacamata. Owh, ternyata...... yang ngaplod foto tu guru SD, yang notabene-nya seumuran ama aku, selisih pun paling setaun atau 2taun lah (tua'an sono!). Kaya’nya dia belum lama ngajar, dan baru sekali ini bikin raport buat anak didiknya.
Yah, karena tu Guru SD seumuran ama aku, dia juga masih ababil, kebiasaan bahasa tulisnya di dunia gadget yang serba gahoool kebawa. Perhatiin deh, dia iseng ngasi emot smile, masi ditambah kalimat “Semangat Niko^^” yang nggak jauh beda ama “Semangat Kaka’”.
Haduh, ya jelas aja tu Guru SD baru langsung kena teguran, raport kan termasuk resmi, meski tak seformal ijazah, tapi hampir sejajarlah. Jadi harus pake bahasa resmi yang sesuai EYD. Hmm..aku jadi berpikir, lama2 Bahasa Indonesia emang bisa kacau ya? Terkacaukan oleh bahasa gahoool, anak2 ababil.
Siapa yang bakal bertanggungjawab yah???
Tapi, aku pikir2, sebenarnya anak2 ababil nggak salah2 banget sih pake bahasa gahoool, soalnya bahasa resmi yang sesuai EYD itu teramat aneh kalo dipake buat sehari2, coba perhatiin:
Bahasa informal: “Aku kepanasan, pengen es ni, tapi nggak ada tukang es lewat ya? Trus enaknya apa ya? Gimana kalo kita ngadem aja dulu?
EYD:”Saya merasa kepanasan, ingin es ini, tapi tidak ada tukang es yang lewat ya? Lalu kita enaknya bagaimana ya? Bagaimana kalau kita berteduh saja dahulu?S
Coba bayangin aku ngomong langsung gitu ke temen aku di tengah jalan, pasti muka temenku aneh banget2..

Eits, TAPI
Bukan berarti aku membenarkan kasus si Guru SD tersebut, Guru SD kan wajib mengajarkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ke anak didiknya. Jadi, tu guru mestinya bisa menempatkan diri, kapan dia bisa pake bahasa informal dan kapan harus pake bahasa formal.