Senin, 10 Desember 2012

tampil cantik dengan jilbab?


Kamu cewek dan pengen tampil cantik?
Wajar banged2 kok. Aku yakin, semua orang bakal memaklumi. Sudah kodratnya, wanita pengen cantik, tanpa terkecuali aku karena aku juga wanita. Salah satu bukti nyata wanita selalu ingin tampil cantik, banyaknya media khusus wanita yang mengupas habis tentang tips kecantikan. Tips yang ada bukan sekedar tips merawat kulit dan cara ber-make up, tapi juga termasuk cara berpakaian.

Kebetulan saat ini hijab style sedang merebah, tumbuh subur di tanah air, dan ternyata akhirnya hijab pun mau tak mau jadi obyek buat ‘percobaan’ buat tampil cantik wanita. Aku sering lihat temen2 sibuk dan begitu asyiknya nyari model2 jilbab yang bisa dibuat ‘percobaan’. Hunting dimulai dari liat2 foto hasil googling, video youtube, fanpage d facebook dengan keyword ‘hijab style’, ‘tutorial hijab’, dll sampai ke gramed juga nyarinya buku2 yang isinya tutorial model jilbab! (meski nggak dibeli tu buku, cuma dilihat2 aja, hhaha)

Dan jujur, aku pun pernah ikut2an nyari2, sampai beberapa kali bereksperimen juga karena nggak mau ketinggalan tampil cantik dan modis. Tapi, dalam setiap eksperimen aku mengalami banyak hambatan. Ternyata ribet minta ampun pake jilbab gaul itu, jadi butuh waktu yang lumayan lama buat dandannya. Ditambah aku sering terbentur dengan model2 yang kebanyakan (menurutku) kurang syar’i karena kurang menutup aurat dengan sempurna, yah..meski pengen banged tampil modis, alhamdulillah aku masih sadar buat nutupin yang seharusnya ditutup, dan meski juga sampai saat ini hijabku belum bisa dikatakan sempurna, aku masih banyak belajar.
Lama2, aku merasa ada yang salah dengan model hijabku. Aku seperti mendapat teguran dari Allah, di dunia maya, aku banyak menemukan artikel dan foto2 yang isinya mengingatkan kaum muslimah untuk memperbaiki hijabnya. Jangan jadikan hijab sebagai hiasan. Jangan bertabarruj dalam berhijab. Astaghfirullah.

Benar saja, ketika setan tak mampu menggoda seorang muslimah untuk membuka auratnya, maka setan akan menggoda kita dengan hijab itu sendiri. Maka tak heranlah, sekarang bertebaran muslimah berjilbab tak syar’i, mulai dari hijab yang begitu mepet sampai model jilbab yang tak karuan, bahkan jadi trend juga ciput cempol yang bila dipake akan jadi seperti punuk unta, padahal Rasulullah salallahu’alaihi wassalam sudah memperingatkan jauh2 hari tentang hal ini.
La khawlawala quwatta ila billah. Semoga Allah melindungiku.

Aku terus tersadar, akibat terpengaruh trend jilbab gaul, jilbabku sepertinya mulai mengecil. Aku tau dan percaya, iman seorang muslimah tidak bisa diukur dari lebarnya jilbab. Akan tetapi, aku jauh lebih yakin, seorang muslimah yang kuat imannya akan selalu berusaha istiqomah dalam berhijab, dan yang namanya hijab syar’i ada ketentuan2nya (silakan cari sendiri terkait hal ini).

Untuk mengatasi kefuturanku ini, sekarang aku sengaja memanjangkan rambutku, rambutku sudah cukup panjang. Karena aku tak mau rambutku rusak, aku bakal mikir berkali2 buat menggelung rambut saat berjilbab biar aman tak terlihat, jadi rambutku hanya diikat lalu aku biarkan tergerai memanjang. Dengan demikian, aku akan selalu berusaha memanjangkan/melebarkan jilbabku biar rambutku nggak tampak. Dan tentunya, aku bakal selalu menggunakan jilbab yang tebal atau men-double jilbab supaya rambutnya juga tidak tampak gara2 model jilbab saat ini kebanyakan tipis dan menerawang.

Aku sangat berharap, teman2 dan saudari2 muslimahku yang lain pun bisa memperhatikan hal ini. Berhati2 jugalah dalam berhijab.

Jadi kalo ada yang masih sibuk nyari model2 jilbab dan terus bereksperimen dengan model2 yang didapatnya, coba baca dan resapi quote dari ustadz felix siauw:

ikut tren dan senangkan manusia kapan habisnya? | berhijab buat Muslimah cukup hanya dengan gelar shalihah :)"

Wallahua’lam wastaghfirullah