Minggu, 23 Desember 2012

pesan teruntuk teman2ku yang cantik


Tulisan ini aku persembahkan untuk teman2ku akhwat yang manis2, tapi untuk yang ikhwan boleh baca juga.

Ini tentang pengalaman pribadi aku.
Sudah terlalu sering rasanya baca atau liat video di yutub, bahkan diingetin langsung ama orang sekitar yang peduli dan sayang, yang isinya menghimbau kaum hawa untuk tidak mengekspose foto manisnya di dunia maya. Waktu liat atau bacanya, langsung berucap istighfar, janji pada hati tak akan mengulangi, ah..tapi ternyata godaan terus saja ada, godaan pengen narsis di dumay kuat banged. Parahnya, kadang aku nggak pengen menghiraukan, pikirku kalo ada efek samping atas beredarnya foto2ku terutama di facebook buat para mitra jenis (dibaca: cowok) aku nggak mau tau, itu urusan si cowok bisa jaga pandangan atau nggak. Jadi dosa ditanggung sendiri ama tu cowok, ini alasan pembenaran buat aku.
Alhamdulillah, Allah kembali menegurku melalui caraNya, beberapa waktu lalu aku search gambar di google buat nyari gambar2 kartun akhwat, tak sengaja aku menemukan foto temanku (akhwat), aku pernah lihat foto tersebut di FB-nya. Namun, aku agak terkejut, ketika aku klik dan masuk ke sumber gambar, foto temenku itu berada di sebuah blog milik seseorang yang tidak aku kenal, dan ketika aku konfirmasi ke temanku, dia bilang tidak mengenal pemilik blog tersebut. Aku pun penasaran dan bertanya terkait foto ke pemilik blog via email.

Aku bertanya, dari mana sumber foto dan apakah pemilik blog telah minta ijin kepada pemilik. Dan inilah jawabannya:

emailku

Wallohua’lam dengan jawaban pemilik blog yang mengatakan bahwa telah meminta ijin pada pemilik foto, padahal temanku bilang tak kenal dan tak pernah tau fotonya diambil dan digunakan di blog.
Alhamdulillahnya, foto2 temanku tersebut digunakan pada blog yang menurut aku baik dan foto diposting tanpa editan, blog tersebut berisi tentang pernikahan dan pernak-perniknya. Akan tetapi, perlu diingat teman2ku yang cantik dan manis2, dunia cyber itu tak hanya digunakan oleh orang2 baik, tak sedikit pelaku cybercrime yang berkeliaran. Seperti jawaban dari pemilik blog tersebut, FB/dunia maya itu milik umum, jadi siapa saja berhak melakukan apa saja. Aku khawatir foto2 yang manis diambil lalu diedit sedemikian rupa menjadi foto yang mungkin tak pernah kita duga, sangat bisa foto2 cewek berjilbab diedit jadi seolah2 berpose tak senonoh.
Sebenarnya aku pernah dapet sebuah alamat web dari seorang teman, tapi maaf alamatnya tidak aku simpan, katanya berisi foto2 hasil editan dengan bahan dasar foto2 akhwat berjilbab, yang kemudian disulap jadi foto yang tak pantas, foto yang digunakan sebagai pemuas imajinasi s*** para pria (maaf, terpaksa vulgar), dan katanya banyak sekali korbannya, terutama para aktris film KCB.
Mulai sekarang, coba dipikir2 lagi yuk kalo mau upload foto2 ke dumay terutama facebook.
Banyak sekali resiko yang perlu dipertimbangkan.
Saran aku, kalo keinginan buat narsis masih terlalu kuat, dan sangat berat buat nggak pasang foto2 manisnya ubah setting privacy di fb, ubah jadi “ONLY ME” atau minimal “FRIENDS” biar yang bisa lihat foto2 mu cuma kamu atau teman2 fb mu saja, untuk yang setting bahasa di fb nggak pake english silakan sesuaikan.

Wallohua’lam wastaghfirullah, aku pun masih belajar mengendalikan diri untuk nggak upload2 foto.

Tidak ada komentar: