Kamis, 18 Oktober 2012

Ujian untuk qt yang mengaku muslimah

Pernahkah ngrasa dongkol binti kecewa berat pengen nangis gara2 tinggal beberapa menit atau bahkan tinggal beberapa detik lagi memasuki waktu berbuka puasa, eh..tiba2 WAJIB berbuka ?

Atau pernahkah ngrasa kecewa beratttttttt, lagi semangad2nya ibadah, baik shalat sunnah maupun shalat wajib, tilawah termasuk puasa juga, eh..tiba2 harus di stop dulu ?
MasyaAllah, rasanya nggak relaaaaaa, terutama yang berkaitan ama puasa, apalagi kalo puasa wajib, berarti mesti bayar hutang puasa di lain hari ini.. :’(
Ah, buat para Lelaki seh nggak bakal ngrasain perasaan seperti ini..

Yeuph, inilah salah satu ketentuan dari Allah yang jadi ujian bagi wanita muslimah.
Setiap yang mengaku muslimah, harus tunduk patuh pada syariat ini, ketika si tamu datang, kapan pun waktunya kita tidak boleh melakukan ibadah yang ada rukun suci dalam pelaksanaannya.

Perasaan kecewa sih wajar, asal tindak lanjutnya tidak membahayakan aqidah kita.
Sikap ridho sepenuhnya atas ketentuan dari Allah harus dan wajib kita kedepankan, karena percaya kepada qadha (ketentuan) Allah swt. adalah salah satu rukun iman. Merasa ridho dengan apa yang terjadi terhadap diri kita, karena semuanya itu adalah kehendak Allah. Bisa jadi, apa yang tidak baik menurut pandangan kita, justru membawa kebaikan untuk kita. Begitu pula sebaliknya. Allah lebih tahu apa yang baik dan buruk untuk diri kita.

Allah berfirman, ‘… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia membawa kebaikan untukmu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia membawa keburukan untukmu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui’. (Q.s. al-Baqarah/2: 216)
Oleh karena itu, orang yang beriman kepada qadha Allah, maka ia akan bersabar , dalam hal ini sabar kita adalah sabar dalam ketaatan.

Apa pun yang terjadi di dunia dan yang menimpa diri manusia pasti telah digariskan oleh Allah Yang Mahakuasa dan Yang Mahabijaksana. Semua telah tercatat secara rapi dalam sebuah Kitab pada zaman azali. Kematian, kelahiran, rizki, nasib, jodoh, bahagia, dan celaka telah ditetapkan sesuai ketentuan-ketentuan ilahiah yang tidak pernah diketahui oleh manusia, termasuk datangnya tamu bulanan bagi wanita.
Dengan bekal keyakinan terhadap takdir yang telah ditentukan oleh Allah, maka kita nggak boleh frustasi, marah, jengkel bahkan sampai mengumpat.

Perhatikan beberapa ayat Allah dan hadits Rasul berikut ini.

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul-Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [QS. Al-Hadiid (57): 22-23]

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).” [QS. Al-An’aam (6): 59]


“Sekiranya Allah swt. menyiksa penduduk langit dan bumi, maka Dia sungguh melakukannya tanpa menzalimi mereka. Dan sekiranya Dia mengasihi mereka, maka rahmat-Nya lebih baik daripada amal mereka. Dan sekiranya kamu memiliki emas seperti Gunung Uhud atau semisalnya, lalu kamu infakkan di jalan Allah, maka Dia tidak akan menerimanya sehingga kamu beriman terhadap qadar dan kamu mengetahui bahwa apa yang ditakdirkan menimpamu tidak akan meleset darimu dan apa yang ditakdirkan bukan bagianmu tidak akan mengenaimu, dan sesungguhnya jika kamu mati atas (aqidah) selain ini, maka niscaya kamu masuk neraka.” (HR. Ahmad, dari Zaid bin Tsabit)

So, mari belajar ekstra sabar untuk segala ketentuan dari Allah, termasuk untuk masalah yang satu ini.. ;)

Tidak ada komentar: