Minggu, 27 Mei 2012

..Demi e-KTP..

Namanya benar ya, Mbak? Siti Zulaichah pake C.
“He’em, bener Mas.”
TTL, Temanggung, 25 Juni 1990 ?
“He’em”
Status belum kawin ya?”
“Belum nikah, Mas.”
Hhaha, iya sama aja Mbak. Ini alamatnya bener kan?”
“Iya.”
Pendidikan, masih mahasiswa ya?
“S1 Mas, aku uda lulus, uda wisuda juga.”
Tahun 90 lho, Mbak???
“Iya, aku uda lulus kok. Wisuda kemarin April.”
Wah, pinter. Trus sekarang kerjaannya apa? Kuliahnya berapa tahun, Mbak?
“Sekarang karyawan swasta, Mas. Kuliah kurang lebih 3,5 tahun.”
Ambil apa? Di mana?
“Akuntansi. Di Unissula Semarang.”
Kerjanya di mana Mbak?
“Di PT WAM.”
Apa itu?
“Perusahaan plywood.”
Kok, baru foto sekarang? Malem2 gini?
“Tadi pagi mpe sore kan kerja, Mas.”
Dan seterusnyaaa..

Jiaaaaaaahhh..
aku dibikin gerah sama pertanyaan berondong dari petugas kecamatan waktu proses pembuatan e-KTP. Perasaan makin lama pertanyaannya nggak penting, nggak masuk dalam daftar pertanyaan untuk KTP. Padahal keadaan badanku gi bener2 lemes. Penglihatanku buram. Aku sengaja nggak pake kacamata, pikirku di kecamatan cuma bentar, dan waktu sesi pemotretan pasti kacamata mesti dilepas. Capek karena perjalanan juga masih membekas. Itu petugas nggak ngerti banget sih kataku dalam hati, sejak pagi aku tu uda repot gara2 program e-KTP.

Paginya sebenarnya aku uda datang ke kecamatan sebelum berangkat kerja, niatan mau foto pagi2, coz aku nggak mau ijin dari kantor, eh.. petugas kecamatannya belum ada. Padahal dengan aku mampir ke kantor kecamatan, aku terpaksa pake rute muter jauh buat nyampe ke kantor. Secara rumahku tu cukup jauh dari kantor kecamatan, sedangkan jarak kantor kecamatan ke kantorku lebih jauh dari pada rumah-kantorku. Tapi lumayan seh, waktu perjalanan menuju kantor kecamatan, tepatnya saat melewati pasar, aku liat sosok yang istimewa. Untuk pertama kalinya, aku liat SEORANG TUKANG JAMU BERJILBAB! Wow, fantastis!

Mungkin kesannya, aku lebay ya? Tapi, bagiku ini bener2 fantastis! Kamu pasti tau dum, biasanya seorang tukang jamu pake kostum kaya’ apa? Nggak ngeh??? Yang paling gampang, liat di TV deh, yang namanya tukang jamu biasanya pake kebaya dan kain yang mepet, seksi gitu lah, apalagi kesan dari tingkah lakunya, centil..kemenyek..dan jadi penggoda gitu lah..
Sayangnya, aku nggak sempet motret tu tukang jamu, padahal mestinya kan bisa di-upload ya? Siapa tau entar bisa jadi trend buat para tukang jamu yang laen, hhuhu

Sorenya, sepulang dari kantor, aku kembali ngapelin kantor kecamatan, jadi aku terpaksa menempuh jarak yang cukup jauh lagi. Dengan kondisi penuh peluh (mulai lebay) aku sampai di kantor kecamatan pukul 17.32, dan aku syok liat antrean orang2 yang mau bikin e-KTP juga, aku ambil nomer antrean dapet nomer 130, padahal antrean belum nyampe angka 100. Hadeeeh! Mending aku pulang dulu, buat mandi, makan dan sholat.

Pukul 19.20, Jumat-25 Mei 2012
Aku berangkat ke kantor kecamatan (masyaALLAH, niat banget aku ya bikin e-KTP ???)
Dengan motor, aku menembus dinginnya hawa malam Gunung Sumbing. Pukul 19.35 aku tiba di kantor kecamatan, alhamdulillah antrean tinggal dikit. Dan yang mesti dicatet pake tinta silver: aku dapet giliran terakhir!
Tepat banged yach, buat dijadiin closing cerita ;)